merawat mobil jarang dipakai

4 Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai Biar Awet Terus

Bagaimana cara merawat mobil yang jarang dipakai agar selalu awet? Simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja caranya.

Beberapa orang biasanya memiliki mobil yang hanya digunakan dalam kondisi tertentu, alias tidak digunakan setiap hari. Misalnya hanya menggunakan mobil ketika pergi jarak jauh, liburan, kondangan, dll.

Kalau Honda Lovers salah satunya, Honda Lovers perlu tahu. Ternyata walau mobil jarang digunakan, mobil tersebut juga tetap harus dirawat agar awet dan tidak cepat rusak.

Kali ini kami akan membagikan beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai agar selalu awet. Yuk, langsung saja praktikkan beberapa metode ini.

merawat mobil jarang dipakai

Rajin Bersihkan Mobil

Hal utama yang bisa Honda Lovers lakukan untuk merawat mobil jarang dipakai adalah dengan membersihkan mobil baik bagian dalam maupun luarnya. Manfaatnya buat apa? Yakni untuk menjaga mobil dari serangga dan tikus yang berkemungkinan merusak sparepart mobil karena kekotoran yang menarik perhatian mereka.

Oya, debu-debu juga mampu membuat mobil berkarat, sehingga komponen mesin mobil bisa terkena kerusakan akibat mobil jarang dibersihkan.

Nyalakan / Panaskan Mobil Setiap Pagi

Honda Lovers ingat ya, memanaskan atau menyalakan mobil setiap hari memiliki banyak manfaat. Hal ini juga tetap perlu Honda Lovers lakukan walaupun jarang menggunakan mobil.

Ketika mobil dinyalakan dan Honda Lovers membiarkan mobil tersebut menyala selama beberapa waktu, terjadi sirkulasi di dalam mesin mobil sehingga menjaga cairan-cairan menggumpal di dalam mesin. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar alternator bekerja optimal dalam pengisian aki sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

Cabut Aki untuk Hindari Korosi

Honda Lovers juga bisa mencabut aki pada mobil yang jarang dipakai. Hal ini bertujuan untuk menjaga komponen kelistrikan supaya tetap normal, sekaligus menghindari korosi yang terjadi pada aki tersebut. Supaya tetap terawat, sebaiknya sambungannya dilepas dulu dan disambungkan lagi saat Honda Lovers ingin menggunakan mobil.

Tetap Lakukan Service Berkala

Menaati kewajiban melakukan servis pada mobil jarang dipakai tentunya menjadi salah satu cara penting untuk menjaga mobil tetap dalam performa yang menawan. Saat melakukan servis rutin pada mobil-mobil yang kurang sering digunakan, sebaiknya meminta pihak bengkel untuk mengecek tekanan pada ban dan bagian bawah mobil dari kerusakan yang terjadi akibat jarang dipakai.

Nah Honda Lovers, ada baiknya untuk selalu melakukan pemeriksaan berkala terhadap kondisi mobil. Kurangnya perawatan pada hal-hal yang sudah kami sebutkan di atas akan menjadi faktor utama penyebab temperatur mobil naik.

Untuk Honda Lovers yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda bisa datang langsung ke bengkel resmi Honda yang ada di PT. Anugerah Kasih Putra (Honda Anugerah) di Jl. Laksda Adi Sucipto KM 6, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY atau Honda Anugerah Body & Paint di Jl. Janti No. 91, Karangjambe, Banguntapan, Bantul, DIY.

Share this Post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *