Rawan Kecelakaan! Ini Dia 6 Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Musim hujan rawan banget kecelakaan. Sahabat Honda, simak beberapa tips aman berkendara saat musim hujan berikut ini yuk!

Musim hujan identik dengan jalanan yang serba licin. Tak hanya itu, hujan deras disertai angin kencang juga bisa membuat jarak pandang saat berkendara menjadi sempit. Oleh karena itu jika tidak hati-hati, berkendara saat musim hujan dapat mendatangkan malapetaka bagi diri sendiri atau orang lain.

Tapi Sahabat Honda tidak perlu panik. Di sini kami akan bagi-bagi tips aman berkendara saat musim hujan. Harapan kami setelah membaca ulasan ini, Sahabat Honda bisa tahu apa yang perlu dilakukan saat berkendara di musim hujan sekaligus meminimalisir risiko kecelakaan.

aman berkendara saat hujan

Periksa Tekanan Angin dan Alur Ban

Sebelum berkendara, pastikan tekanan ban sudah sesuai standar, dan pastikan alur serta ketebalan ban luar masih bagus. Saran kami, setidaknya periksalah area ban dan tekanan angin seminggu sekali. Tekanan ban dan alur ban yang baik bisa mengurangi risiko kendaraan melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). Oya Sahabat Honda, jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis ya.

Pastikan Semua Lampu Kendaraan Berfungsi Normal

Sahabat Honda, pastikan semua lampu kendaraan berjalan normal ya. Jangan lupa, nyalakan lampur ketika kendaraan melintasi hujan deras. Lampu-lampu tersebut dapat menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain juga bisa melihat kita. Gunakan lampu hazard (sein kanan – kiri yang berkedip bersamaan) jika kendaran Sahabat Honda terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan.

Pastikan Sistem Kontrol Kendaraan Berfungsi

Poin ketiga ini juga sangat penting. Pastikan sistem kemudi, pedas gas, rem, atau kopling berfungsi dengan baik. Beri perawatan ekstra terutama saat musim hujan, untuk mengantisipasi keadaan darurat / kesalahan pengendara lain yang menyebabkan kecelakaan.

Atur Jarak dan Jaga Kecepatan Mobil

Mengurangi kecepatan bisa meminimalisir risiko kendaraan tergelincir akibat jalan licin karena air hujan bercampur dengan oli. Mengendari mobil dengan kecepatan rendah juga memastikan semua ban menempel di jalan. Tak hanya itu, Anda juga bisa dengan mudah mengatur jarak dengan kendaraan orang lain.

Jangan Terobos Genangan Air di Jalan

Jika dipaksakan melewati genangan air yang dalam, dikhawatirkan air bisa masuk ke dalam mesin. Imbasnya mesin akan mati dan menyebabkan mobil mogok. Nggak mau hal seperti itu terjadi kan?

Rutin Service Berkala

Rutin service mobil berkala akan membuat kendaraan selalu dalam keadaan prima, sehingga Sahabat Honda tidak perlu was-was saat berkendara di musim hujan. Ada banyak keuntungan yang akan Sahabat Honda dapatkan jika rutin service berkala (bisa dibaca di sini).

Mau Service Berkala di Bengkel Resmi Honda?

Untuk Anda yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda bisa datang langsung ke bengkel resmi Honda yang ada di PT. Anugerah Kasih Putra (Honda Anugerah) di Jl. Laksda Adi Sucipto KM 6, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY atau Honda Anugerah Body & Paint di Jl. Janti No. 91, Karangjambe, Banguntapan, Bantul, DIY.

Share this Post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *