mobil manual vs matic

Mobil Manual vs Matic, Kira-Kira Enakan yang Mana Sih?

Banyak yang penasaran, kira-kira antara mobil mobil manual vs matic lebih enak yang mana? Biar nggak penasaran, simak ulasan berikut ini yuk!

Sebelum memutuskan membeli mobil, Honda Lovers tentu sudah harus memiliki gambaran terlebih dulu. Kira-kira mobil yang mau dibeli nanti berjenis manual atau matic.

Sebenarnya kalau dari bodi luarnya, tidak ada yang berbeda antara mobil manual dan matic. Hanya saja, Honda Lovers perlu mengetahui terlebih dulu transmisi antara mobil manual dan matic terlebih dulu.

Tapi Honda Lovers tidak perlu khawatir, kali ini kami akan membahas tentang perbedaan mobil manual vs matic, dan kira-kira manakah yang lebih cocok untuk Honda Lovers nantinya.

Mengenal Transmisi Mobil Manual dan Matic

Mungkin banyak dari Honda Lovers yang belum mengenal betul mengenai transmisi manual dan matic yang digunakan pada kendaraan, termasuk mobil. Mobil dengan transmisi manual sendiri umumnya memiliki enam jenis gigi percepatan, lima untuk melaju ke depan dan satu untuk berjalan ke belakang.

Berbeda dengan manual yang harus menggunakan kopling saat mengoper gigi, mobil bertransmisi matic memiliki sistem yang lebih simpel dan gigi yang lebih sedikit. Transmisi ini pun dibagi menjadi dua jenis yaitu semi otomatis dan otomatis.

Keduanya memiliki perbedaan yang tidak terlalu mencolok. Mobil bertransmisi semi matic, yang biasanya ditemukan pada mobil mewah, berfungsi seperti transmisi manual di mana perpindahan gigi masi dilakukan oleh pengemudi tapi tanpa melibatkan kopling. Sementara itu, pada mobil matic gigi berpindah secara otomatis tanpa perintah pengemudi.

Pengoperasian dan Kenyamanan

Secara teknologi, teknologi mobil matic lebih unggul dibandingkan dengan mobil manual. Pengoperasiannya tidak terlalu sulit dan tidak merepotkan. Orang awam yang baru belajar mobil pun bisa langsung membawanya berkendara.

Hal ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan mobil manual yang harus melibatkan kopling, pengoperan gigi persneling, dan menginjak pedal gas untuk menjalankannya. Dibutuhkan pembiasaan yang cukup panjang agar Honda Lovers tidak kagok saat menyetirnya.

Dari segi kenyamanan, mobil matic pun lebih enak untuk digunakan apalagi dalam keadaan macet. Sebab, Honda Lovers tidak perlu terus-terusan menahan dan melepas kopling menggunakan kaki untuk melaju seperti pada mobil bertransmisi manual.

Kenyamanan pun dapat Honda Lovers rasakan ketika tengah berada pada medan menanjak. Cukup memasukkan gigi untuk tanjakan, Honda Lovers hanya cukup menekan pedal gas tanpa perlu memindahkan gigi supaya mobil dapat melaju.

Bahan Bakar Irit Mana?

Faktanya, mobil bergigi manual lebih hemat bila dibandingkan dengan yang bertransmisi otomatis. Hal ini dikarenakan perputaran transmisi otomatis yang lebih berat sehingga membuat mesin bekerja ekstra dan membutuhkan banyak bahan bakar untuk dapat melaju. Selain itu, semakin banyak jumlah gigi pada mobil membuatnya lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Nah itu tadi beberapa perbedaan mobil manual vs mobil matic. Gimana, Honda Lovers sudah putuskan mau beli mobil yang mana?

Buat Honda Lovers yang ingin membeli mobil manual atau matic baik yang masih baru atau bekas, Honda Lovers bisa langsung kunjungi showroom kami di PT. Anugerah Kasih Putra (Honda Anugerah) di Jl. Laksda Adi Sucipto KM 6, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY atau Honda Anugerah Body & Paint di Jl. Janti No. 91, Karangjambe, Banguntapan, Bantul, DIY.

Kepoin juga akun Instagram @hondaanugerah_official untuk mendapatkan informasi, update terbaru, serta berbagai penawaran menarik dari kami!

Share this Post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *