Apa Itu Honda SENSING? Teknologi Keamanan Super Canggih Honda Nih!

Pernah mendengar istilah Honda SENSING akhir-akhir ini? Kira-kira apa itu Honda SENSING? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Apa itu Honda SENSING? Kenapa mobil Honda keluaran terbaru sekarang menyajikan dukungan Honda SENSING? Hmm.. mungkin secara garis besar, itu adalah pertanyaan yang muncul dalam benak Anda akhir-akhir ini.

Menjawab rasa penasaran Anda, kali ini kami akan mengupas tuntas apa itu Honda SENSING lengkap dengan berbagai fitur dan fungsi yang ada di dalamnya.

Apa Itu Honda SENSING?

Honda SENSING merupakan sebuah sistem yang terdiri dari dua jenis sensor dengan karakteristik berbeda. Sensor pertama merupakan Milimeter-Wave Radar yang ada di Front Grille mobil. Sementara sensor yang kedua merupakan Monucular Camera yang terpasang di bagian dalam pada kaca depan mobil.

Sekarang mobil keluaran terbaru seperti Honda Accord, Honda CR-V, All New Honda BR-V, dll sudah dibekali teknologi Honda SENSING. Teknologi ini telah teruji mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan mobil-mobil Honda.

Berikut ini berbagai fitur keamanan canggih yang tergabung dalam teknologi Honda SENSING:

Collision Mitigation Brake System (CMBS)

apa itu honda sensing

Fitur ini dirancang untuk mengurangi tingkat kekerasan saat tabrakan terjadi. CMBS tidak mencegah tabrakan atau menghentikan kendaraan secara otomatis. Tapi setidaknya, CMBS bisa memberi tanda saat ada potensi benturan dan membantu mengurangi kecepatan kendaraan. Setelah mendapat tanda dari CMBS, Anda setidaknya bisa menjalankan pedal rem pada roda kemudi dengan tepat.

Lane Keeping Assist System (LKAS)

LKAS membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi, dan memberikan getaran visual jika mobil terdeteksi keluar dari jalur.

LKAS hadir untuk memberikan kenyamanan lebih. Fitur ini bukan pengganti dari kontrol kendaraan. Sistem ini tidak bekerja jika Anda menarik tangan Anda dari roda kemudi / gagal mengemudikan kendaraan. Jadi Anda masih perlu menjalankan pedal rem dan roda kemudi dengan benar sesuai kondisi berkendara.

Road Departure Mitigation System (RDM)

RDM membantu menjaga Anda saat sistem mendeteksi kemungkinan kendaraan keluar dari garis jalur / meninggalkan jalan. Namun sistem RDM juga punya batas. Sama seperti LKAS, Anda masih perlu mengemudikan mobil dengan benar sesuai kondisi berkendara.

Adaptive Cruise Control (ACC) With Low-Speed Follow

apa itu honda sensing

ACC membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan, serta mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan. ACC juga membantu mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan, tanpa Anda harus menginjak rem / gas apabila kendaraan yang terdeteksi berhenti.

Walau bisa mengurangi kecepatan, tapi ACC tidak bisa menghentikan mobil 100%. Anda tetap perlu menginjak pedal rem kapan pun jika dibutuhkan, serta selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

Auto High-Beam Headlights

apa itu honda sensing

Ketika Anda berkendara di atas kecepatan 40km/jam dengan posisi tuas lampu diputar dari low beam ke posisi AUTO, sistem ini akan otomatis berganti antara lampu besar ke lampu normal, tergantung situasi jalan.

Lead-Car Departure Notification (LCDN)

apa itu honda sensing

Fitur LCDN pertama kali hadir di All New Honda BR-V. Saat dalam kondisi berhenti di jalan dan kendaraan di depan mulai berjalan, pada jarak tertentu bisa mobil Anda belum mulai berjalan, LCDN akan menampilkan notifikasi untuk mengingatkan Anda.

Gimana, keren banget kan? Kabar bagusnya, mobil Honda keluaran terbaru kini sudah dibekali teknologi Honda SENSING lho! Jadi untuk Anda yang menginginkan mobil baru dengan teknologi keamanan super canggih, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan mobil Honda.

Mau Beli Mobil di Dealer Resmi Honda?

Untuk Anda yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta, Anda bisa datang langsung ke PT. Anugerah Kasih Putra (Honda Anugerah) di Jl. Laksda Adi Sucipto KM 6, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY atau Honda Anugerah Body & Paint di Jl. Janti No. 91, Karangjambe, Banguntapan, Bantul, DIY.

Share this Post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *